Pada hari minggu(11/5) pagi saya datang ke kampus FT.Untirta Cilegon. Rencana mau ikut seminar IT dengan tema internet murah jaringan RT/RWnet.Acara tersebut diselenggarakan oleh HME Untirta Cilegon. Yang menarik dari acara tersebut yaitu pembicaranya Onno W.Purbo, seorang tokoh IT Nasional. Beliau terkenal aktif memasyarakatkan konsep idealisme Teknologi Informasi yang murah dan merakyat,seperti teknologi telepon murah voip merdeka, jaringan internet murah RT/RWnet, Gnu/Linux & FOSS, dsb. Harga Tiket seminar untuk umum Rp.80.000, Pelajar/mahasiswa Rp.50.000,-. Karena sebagai alumni elektro, maka saya dijanjikan dapat diskon besar harga tiket. Malah tidak disangka boleh gratis biaya oleh panitia, selain itu teman alumni dan mahasiswa senior lainnya juga ada yang digratiskan. Seandainya banyak alumni elektro yang datang, mungkin juga dapat gratis dari panitia. Padahal malam sebelumnya, saya sudah banyak sms ke para alumni lainnya, tapi sedikit yang respon. Saat lagi nunggu acara mulai, saya didatangi oleh panitia dan diminta jadi moderator acara tersebut dengan alasan moderator aslinya sakit.Bingung dan nervous juga mendadak jadi moderator, karena gak ada persiapan apa-apa. Saya bawa happy aja karena pembicara pa Onno yang pintar, santai dan komunikatif terhadap lawan bicara.

Dahulu sebelumnya saya pernah jadi peserta seminar dan workshop wireless internet tanggal 14 Agustus 2004 yang dibawakan oleh Pa Onno dan Michael Sunggiardi di Pusdiklat KS. Acara yang sekarang membahas tentang pembuatan jaringan wireless dengan antena dari wajan atau wajanbolic. Dipraktekkan cara modifikasi perangkat wireless indoor menjadi perangkat outdoor. Sehingga dapat menghemat biaya perangkat wireless secara signifikan.Semua dokumentasi sudah lengkap dibahas di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Main_Page .Tetapi sebenarnya saya masih bingung untuk hitungan antena wireless.Yang penting bagaimana nanti bisa praktek sendiri dan berhasil.