Pada hari Sabtu(16/02) siang, saya dari cilegon ke masjid Agung Serang untuk sholat dzhuhur. Setelah itu saya mampir ke Islamic Center untuk melihat pameran syariah Banten. Diluar gedung banyak dipasang spanduk Gebyar Syariah Banten 2008, tetapi sebenarnya saya dapat info adanya pameran syariah ini dari http://www.radarbanten.com.

Baru kali pertama saya masuk gedung Islamic Center Serang, saya masuk dari pintu belakang(seberang masjid) dan berada di dalam sedikit bingung mencari lokasi pameran. Terlihat sepi dan kosong, hanya beberapa orang di ruang MUI Serang. Setelah beberapa waktu mencari, ternyata pameran ada di atas lantai 2 dari pintu depan gedung. Setelah naik lantai baru terlihat stan-stan pameran syariah.

Gebyar Syariah Banten 2008 di Islamic Centre Serang dari 12-17 Februai 2008 merupakan ajang promosi produk syariah, seperti produk perbankan, asuransi, pembiayaan (leasing), dan lainnya.
Ajang pertama di Banten yang akan dibuka Gubernur Banten Rt Atut Chosiyah dan MC Yadi Sembako ini menyediakan 40 stan yang akan diisi oleh sejumlah perusahaan dan instansi pemerintahan. Even pertama kali di Banten ini sengaja dikemas sebagai sosialisasi produk syariah. Dewasa ini perkembangan layanan syariah, baik berupa perbankan maupun layanan lain mulai marak diterapkan, namun untuk Banten pertumbuhannya cenderung lambat,” ujar Ketua Penyelenggara Gebyar Syariah Banten 2008 Rachman Tamim.

Berkeliling ruang pameran, dan memang disana ada banyak stand penjualan buku Islam dan produk ekonomi syariah seperti Bank BRI syariah serta asuransi syariah. Saya mampir di stand Prulink Syariah yang menawarkan produk asuransi syariah unit link. Disana juga ada acara seminar tentang peranan pemuda dan mahasiswa Islam dalam gerakan perubahan di Banten. Salahsatu pembicaranya ada yang saya kenal, yaitu Tri Lesmono. Disana dia sebagai ketua pemuda HT di Serang, dia dulu se- almamater elektro di FT.Untirta.

Acara ini sangat bagus untuk mengenalkan produk syariah di Banten, tetapi mungkin karena baru pertama diadakan, maklum sehingga masih ada kekurangan seperti kurangnya publikasi luar kota serang. Semoga di tahun depan semoga tetap berlangsung lebih baik dan meriah lagi.