SAP BASIS Daily Checklist form adalah form yang harus gw catat dan laporkan setiap hari kerja. Tugas seorang sapbasis yang maksudnya untuk kontrol kelangsungan sistem ERP SAP di perusahaan. Dalam form tersebut ada 17 item yang musti gw ceklist, seperti Tcode T04,SP01,SM35,OS06,SM13,DB12,DB02,SM21,SM59,dst.

Contoh Tcode SP01 = check for Spool Problem, mencatat problem transfer data ke printer.

Sehingga kalo ada muncul masalah spool printer dari user dapat kita ketahui dan kemudian lakukan troubleshooting. Masalah bisa dari service saplpdnya, format paper atau mungkin printernya. Itu belum seberapa, masih banyak masalah lainnya seperti DB perfomnce monitor dll, sehingga gw musti banyak belajar lagi. Dan gw akan mencoba untuk menuliskan pengalaman dan permasalahan yang gw alami di sapbasis. Hanya sebagai catatan kecil yg nanti mungkin bisa bermanfaat.

Perjalanan masih panjang…gw harap semoga masih ada waktu dan kesempatan untuk menjadi Basis SAP yang profesional.