Sejak hari selasa(15/5) kemarin, komputer saya instal linux mandriva spring 2007. Secara instalasi cukup mudah(next metode) dengan dukungan plug&play driver hardware yang lengkap. Sejauh ini masih lancar dan belum ada masalah yang berarti yang terjadi. Sebelumnya komputer saya gunakan distro Fedora Core 5, muncul masalah pada harddisknya.

Harddisk 40 Gb tersebut tidak terdeteksi baik di bios setup. ada tulisan sansekerta pada tipe/model hdd tersebut. Terkadang juga blank tanpa terdeteksi hdd rusak tersebut. Entah kenapa penyakitnya, namanya juga harddisk bekas. Data pada hdd tidak bisa saya selamatkan. Selang beberapa hari, harddisk tersebut tidak saya ganti dengan yang lain(baru), tetapi saya masih penasaran mencoba kembali. Dengan maksud saya pasang untuk terakhir kalinya dengan sedikit gertakan, ternyata hdd tersebut mulai terdeteksi kembali, tak tunggu lama saya langsung mencoba instalasi linux lagi. Pilihan jatuh pada distro mandriva spring 2007 dari majalah infolinux. Saat ini komputer saya berjalan normal aja.

But, problem seting printer network..saat ini saya lagi ngoprek setingan printer dengan menggunakan jetdiret ip address. belum juga printing. Semoga besok senin, saya sudah printing normal.